Jumat, 25 April 2008

Melatih kesabaran


Sudah beberapa minggu ini, Bimbim sedang dalam toilet training. Pada awalnya, susah banget, tapi setelah satu minggu sudah bisa diajakin pipis di kamar mandi atau disamping rumah (klo km lagi dipake). Kendalanya, kadang dia mau ngomong kalo ngerasa mau pipis, kadanga ga. Seperti kemaren sore, Bimbim beberapa kali pipis di celana dan bikin kasur basah. Padahal udah diajakin pipis tapi ga mau, dibilangin nanti klo mau pipis bilang. Juga ga bilang. Sampe sudah yang ke-3 kalinya celanya basah, aku dah kesel banget. Karena emosi, pantatnya aku cibut segala (maaf ya nak, nyesel nih") dan nangis sendiri. Kalo lagi emosi, aku suka nangis sih, apalagi mas juga lagi sakit (panas banget badannya ). Jadi agak stress. Bimbim juga ngrecokin ayahnya terus, padahal mauku biar istirahat dulu. Biar cepet turun panasnya. Namanya juga anak kecil, malah ngajakin maen2 mulu.

Setelah itu mas nasehatin aku. Seharusnya aku tuh sabar kalo ngadepin anak. Memang masih dalam prosesnya begitu. Belum bisa langsung bener, masih suka ngompol itu biasa. Pokoknya selama Bimbim tuh sehat, normal, hal2 kayak gitu tuh ga perlu dibikin berat. Jalanin aja. Coba deh bayangin yang punya anak ga normal, sampe gedhe ga bisa apa2, orang tuanya aja sabar banget. Ga pernah tuh berkeluh kesah, tetep mencurahkan kasih sayangnnya. Iya kan? (masih nasehatnya ni). Baru segini aja kok udah kesel. Hik..hik.. aku tambah nangis deh. Bener banget ya ngomongan mas. Aku ngerasa malu banget. Dia aja dalam kondisi sakit gitu & terkapar, masih mau ngladenin Bimbim maen game & baca-in crita anak2.
Trus waktu aku ngeliat Bimbim, tambah nyesel aja. Abis mukanya culun banget, cuek, ngerasa ga bersalah, n tetep ngajakin crita2, tanya2 walaupun abis takmarahin. Maaf ya, maaf.

Ya gitu deh, ternyata mendidik anak tuh gampang2 susah. Aku jadi inget ama ortuku. Pasti dulu repot banget ya ngasuh 4 anak yang masih kecil2 mungkin juga bandel2 he...he..Kalo sdh gini, baru ngerasain betapa besar pengorbanan orang tua kita kepada anak2nya, termasuk juga pada kita. Dan yang pasti menjaga kesabaran itu salah satu kuncinya. Sekarang, aku masih dalam tahap melatih kesabaran. Semoga bisa ya...

Tidak ada komentar: