Kamis, 30 Oktober 2008

kebiasaan buruk mas

Merokok. Ya, itu kebiasaan buruknya. Sudah sejak pertama aku kenal dia, dia sudah merokok. Aku sih ga suka, belum antipati banget. Tapi sejak aku tau alasan kenapa dia suka ngerokok, aku jadi benci banget kalo dia ngrokok.

Katanya dengan merokok, dia merasa tenang terutama dalam keadaan kalut n lagi punya masalah. Seperti sebuah pelarian menurutku. Karena ga akan memberi solusi apa-apa. Makanya begitu kita pacaran, aku mati2n berusaha nyadarin dia biar berhenti merokok. Ku bilang karena sudah ada aku, pacarnya, yang bisa jadi tempat berbagi, cerita, keluh kesah,dll, maka dia harus stop merokok. Artinya kalo sampai dia merokok berarti aku ngga berarti apa2 buatnya, jadi percuma punya aku. Pacaran aja ama rokok!.Waktu itu sih dia manggut2...Dan sudah mulai jarang ngerokok.
Tapi begitu ribut, langung megang rokok lagi. Pernah suatu saat kita ribut besar banget. Ga tau apalah masalahnya, dah lupa aku. Karena aku ga mau hubungan kita jadi beratakan, aku ngalah menghilangkan semua egoku, aku samperin dia di rumahnya. Tapi yang ada, aku nemuin dia lagi nongkrong dengan muka kusut, dengan rokok nyala di tangan dan beberapa puntung di asbak. Suer...waktu itu hatiku ancur banget. Tanpa kata2 aku nangis n kabur pulang. Sejak itu aku makin benci klo liat dia ngrokok.

Setelah tahun2 berjalan, aku percaya dia sudah menghilangkan kebiasaannya itu. Karena ga pernah sekalipun memergokinya.
Sampai suatu saat aku, dia dan om-nya jalan2 ke Borobudur. Sewaktu mampir makan, si om ambil rokok n nawarin dia. Eh..dia malah minta ijin sama aku. Ga tau mau bilang apa, yang pasti aku shock banget. Abis gimana, selama ini aku pikir dia sudah ga, tapi ternyata...Aku selalu yakin, bahkan kadang suka cerita2 sm orang2 deketku klo dia ga ngrokok. Dengan bangga lagi. Tentu saja setelahnya aku merasa beda deket dia klo menyadari hal itu. Bahwa aku salah selama ini. Oya, adeknya juga pernah ga sengaja crita, klo pas mampir di rumahnya (rumah ortunya) masih sering ngrokok.

Akhir2 ini , kebiasaannya itu makin sering. Bahkan ga segan2 lagi ama aku. Di tasnya juga ada sekotak rokok. Kadang di saku celananya juga. (rasanya pengen nangis waktu ngetik ni). Akhirnya aku bilang, jangan sampai dia kliatan ngrokok di rumah atau di depanku. Aku benci banget!!. Beberapa kali aku liat, klo pas tengah malem aku bangun tidur, dia lagi asik di teras rumah. Aku dah ga bisa apa2. Pengen banget cerita tentang perasaanku ini, tapi apa bisa bikin dia berubah?

Semalam aku nangis karena ga tahan lagi, waktu deket2 dia, tangannya bau rokok. Sakit ati banget klo ngebayangin dia lagi ngrokok.

Aku pernah bertanya dengan seorang teman yang juga punya kebiasaan buruk itu.
"Apa istrimu ga pernah protes krn kmu ngrokok?"
"Ngga...ngga brenti nyrewetin maksudnya..he.he.."
"Lha kenapa sih mbok terus2in, apa ga capek denger orang ngomel?"
eh ...temenku diem aja. Mungkin ga tau mo jawab apa.
Aku menyadari kalo seseorang tidak bisa merubah orang lain seperti membalikkan telapak tangan. Walaupun orang terdekatpun. Yang ada hanya bisa mempengaruhi. Itupun hasil akhirnya bukan di tangan kita. Tapi kenapa ya, cinta ga punya cukup kekuatan untuk merubah. Seandainya cinta itu ada pengorbanan, kenapa ya ga ada pengorbanan menghilangkan kebiasaan (buruk) demi membuat cintanya bahagia? (nangis beneran ni).
Kenapa ya mas ga mau berkorban ga merokok lagi demi kebahagiaan aku? Atau memang, aku yang harus berkorban membiarkan dia dengan kebiasaannya itu? Tapi ini kebiasaan buruk! mosok aku tetap mentolelirnya?
Gimana sih....

4 komentar:

Anonim mengatakan...

saya terakhir ngerokok sma kelas 1, itupun kena kutuk sama nyokap. "kalau kamu ngerokok bakalan batuk terus" berhubung saya ngeyel ya saya ngerokok. ehhh ngga taunya batuk beneran, ya sudah sejak saat itu berhenti, sampai sekarang. seneng juga ngga ngerokok. bibirnya jadi sensual lho jeung. merah merekah basah. hahahaha. coba kalau ngerokok, ihhh... biru item item gitu... :p

CeritaNit mengatakan...

Iya nih,udah gitu bau lagi, bajunya, tangannya, rambutnya, mulutnya juga...bikin sebel. Apalagi klo sdh meninggalkan bolong di celana & baju..arrrgh!!

Eh, tapi bibir masku masih tetep merah tuh he..he..

negri kupu-kupu mengatakan...

owww..so sad.
kayaknya hampir 90% wanita pernah merasakan hal yg sama denganmu....
Akupun demikian meski cuma sama pacar..hehe.

Ada seorang temenku cerita, dia berantem sama pacar gara2 rokok. Mungkin cowonya juga dah panas banget telinganya dicrewetin terus. Hingga akhirnya :
Cewe : " kenapa sih kamu ga bisa berhenti ngrokok!!!!" Aku dah capek tauu..!!!"
Cowo :"udahlah aku juga cape, aku kenal rokok lebih dulu daripada kenal kamu..."
Cewe : "oh gitu...., jadi sekarang kamu milih aku apa rokok..!"
Cowo : " Rokok! Jd sekarang kita putus!"

Mampuuusssss...tu cewe ga nyangka banget berakhir sedemikian tragis..

Whuhuhuhu..dan masih banyak lagi kisah tentang rokok yang ga kalah menarik dibahas..hehe..

Kalo aku dulu sama Icon mba. Strateginnya ngasih SP, alias Surat Peringatan. Dalam jangka waktu yg telah ditentukan, aku ngasih peringattan secara bertahap. Dan jika peringatan ke-3 tidak berhenti ngrokok juga, berarti mulai saat itu aku juga akan ikutan ngrokok, aku nggak akan nglarang dia ngrokok, dan dia juga ga boleh nglarang aku ngrokok.
Haha, takut banget dia sampe aku beneran ngorokok.

Berhasil lho mba di SP ke-2, tapi ngga berapa lama dia ngrokok lagi...watttaaaawwww gonduk setengah mati, dan terjadi pertempuran hebat.

Icon: "Emang adek pikir berhenti merokok gampang apa..ha,,,??"
"Ga semudah itu de...palagi kalo lagi ma temen2, rokok tu buat pergaulan dek, ga menghormati, ga etis...klo ditawarin rokok trs ditolak.."

Hehehe capee deh, diemin aja lama2 klo sadar jg berhenti.

N sekarang dia bener2 ga ngrokok, bukan karna aku siii, mbuh.. sadar kaleee...

CeritaNit mengatakan...

Walah kirain mau nambahin komen ama curhat2, jebule ga to...

Aku sih ga mau maksa, nantangin bakalan ngrokok..ga banget eh. Pengennya sadar sendiri gitu lo, klo alasan brenti krn orang lain bisa kambuh lagi. Tapi kapannnn sadarnya???