Selasa, 04 November 2008

si Mbak

Sudah lebih dari 2 minggu ini, Bimbim punya mbak baru. Si Mbok dah diungsiin ke tempat Tuti. Alesannya biar ngasuh baby-nya adekku yang baru lair, yang lebih enak klo dibantuin ama mbok2 daripada pembantu yang masih bocah.
Kalo aku sendiri sih merasa memang sudah saatnya Bimbim ditemenin ama yang lebih mudaan. Yang bisa ngikutin kemana Bimbim main, ngajarin baca-tulis,dll. Kalo sama mbok pasti ga maju2. Taun depan juga rencananya udah harus masuk play group, jadi lebih enak klo sama mbak, yang bisa baca tulis, yang bisa nganterin sekolah naik speda misalnya, gitu...
Memang ada yang berbeda jadinya. Kalo mbok, banyak inisiatifnya. Ga perlu disuruh udah jalan sendiri. Bersih2, masak, ngurusin taneman, dst. Pokoknya rumah pasti dah beres. Tapi saking penuh inisiatif, ada aja yang bikin naik darah. Pohon cemara mas yang udah tumbuh bangus banget, eh dipotongin tanpa babibu dulu. Mungkin dipikirnya, biar lega tamannya n ga gelap. Ya dah deh mas marah2 gitu, aku juga kesel, soalnya tuh pohon jadi aneh banget. Juga karena kreatipnya si mbok, aku kadang suka kebingungan cari barang2. Udah pindah tempat kemana gitu... Kadang2 aku berasa punya rumah tapi ga berasa rumah sendiri. Mau kritik n koreksi, serba ga enak, karena dia lebih tuaan. Pokoknya serba canggung deh. Belum lagi klo dikasih tau, jawabnya kadang lebih pedes. Heran aku, padahal dia yang ikut aku, kok malah dia yang lebih kuasa???
Sekarang ada si mbak, aku udah bebas deh. Mo ngatur gimana2 rumahku sendiri, terserah aku. Memang agak berantakan sih, soalnya si mbak termasuk masih bocah, jadi perlu disuruh2 dulu baru jalan. But, it's ok. Aku lumayan ngerasa nyaman. Cuma si Bimbim aja yang sedang dalam penyesuaian, masih suka nyariin mbok. Wajar sih, soalnya dia udah diasuh ama mbok sejak bayi umur 2 bulan. Tapi ga papa, nanti juga terbiasa.
Yang jadi agak risih tuh, si mbak kan bawa hape. Ya gimana, hari gini siapa aja pasti pegang. Aku juga ga bisa dong larang2 dia. Cuma kadang2 ga aturan tuh. Mas kadang2 sebel. Klo pas pulang duluan, tau Bimbim dah deketin ayahnya, eh si mbak langsung ngilang, masuk kamar. Padahal mas kadang pengen istirahat, makan, atau ngurusin burung2nya. Kalo dah gitu, terpaksa deh jadi nemenin Bimbim, mana ni anak nglendot terus lagi.
Trus klo aku telp rumah, pas ada mas udah pulang, langsung deh curhat. Misal kayak kemaren,
Mas: " Piye wuk, si Bimbim nempel terus. Aku kan mau istirahat, ga enak badan nih"
Aku: " Lho lah mbak kemana sih?"
Mas: " Dah ngilang, tuh di kamar.."
Aku: " Ya dipanggil to...emang lagi ngapain sih?"
Mas: " Biasa to on line!"
Aku: " Haaa...apa? on line?"
Mas: " Itu lo telpon2an"
Aku: " oalahh"
Ya, begitulah klo dah jaman modern. Sampe2 pembantu aja sibuk berhalo2 di hape sampe lupa ama tugasnya, ngurusin momongan. Sabar..sabar.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

lama lama ntar pembokat loe ngeblog jeung... wes, saingan beneran ntar... hahahahaha